Administrasi. Administrasi Pendidikan Manajemen dan Pengelolaan Pembelajaran

TUGAS MAKALAH
 


Kata Pengantar

Alhamdulillahirabbilalamin, Segala puji hanya bagi Allah SWT ,atas rahmat taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya, dan sholawat serta salam kami curahkan terhadap junjungan Nabi besar Muhammad SAW, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul“Administrasi,Administrasi Pendidikanyang di ajukan salah satu tugas mata kuliah Pengelolaan Penmbelajaran pada semester II ini, yang  diampu oleh,Drs. H.U.Sjamsunin,M.pd Kepadanya kami ucapkanterima kasih yang sebesar-besarnya, telah memberikan dukungandan kepercayaan yang begitu besar. Dari sinilah semua kesuksesan ini,Dalam penyusunan kamimemperoleh banyak bantuan dari sumber tertulis, karena itu, semoga semua ini bisa memberikan sedikit pengetahuan dan menuntun pada langkah yang lebih baik lagi. Meskipun kami berharap isi dari makalah ini bebas dari kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik lagi. Akhir kata kamiberharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua mahasiswa/i.




                                    Cirebon,14 februari 2015




Penyusun,





DAFTAR ISI

Kata Pengantar............................................................................................................................
Daftar Isi.....................................................................................................................................
BAB I Pendahuluan
a.Latar Belakang.............................................................................................................
b.Rumusan Masalah.......................................................................................................
c.Tujuan Pembuatan.......................................................................................................
BAB II Pembahasan
            a.Pengertian Administrasi.............................................................................................
            b.Pengertian Administrasi Pendidikan..........................................................................
            c.Pengertian Manajemen...............................................................................................
            d.Pengertian Pengelolaan Pembelajaran.......................................................................
BAB III Penutup
              Kesimpulan................................................................................................................
Daftar Pusaka.............................................................................................................











BAB I
PENDAHULUAN

A.Latar Belakang
B.Rumusan Masalah
>Apa pengertian dari Administrasi?
>Apa pengertian dari Administrasi Pendidikan?
>Apa pengertian dari Manajemen?
>Apa pengertian dari Pengelolaan Pembelajaran?
C.Tujuan Pembuatan
            >Untuk mengetahui Pengertian dari Administrasi.
            >Untuk Mengetahui Pengertian dari Administrasi Pendidikan.
            >Untuk Mengetahui Pengertian dari Manajemen.
            >Untuk Mengetahui Pengertian dari Pengelolaan Pembelajaran.
           











BAB II
PEMBAHASAN

A.PENGERTIAN ADMINISTRASI

            Pengertian Administrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah :
Ø  Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
Ø  Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis ketatausahaan.
Ø  Administrasi dalam arti luas adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan berhasil guna.
Secara Umum Administrasi adalah:
                Administrasi pada intinya melingkupi seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan sekelompok orang yang memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan bersama. Administrasi dapat berjalan dengan sua atau banyak orang terlibat di dalamnya.
B.PENGERTIAN ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Administrasi merupakan suatu kegiatan yang melibatkan sumber daya manusia.Jika  dikaitkan dengan pendidikan,maka administrasi pendidikan merupakan ”kegiatan yang ditujukan untuk mengoptimalkan (efektifdanefisien) pencapaian tujuan pendidikan melalui penataan berbagai sumber daya manusia, kurikulum dan fasilitas” (Engkoswara, dalam Burhanuddin, 1998:12).
Adapun adminstrasi menurut pendapat para ahli adalah sabagai berikut :
Sutisna (1989:19) mengemukakan administrasi pendidikan adalah “keseluruhan proses dengan mana sumber-sumber manusia dan materi yang cocok dibuat tersedia dan efektif bagi pencapaian maksud-maksud organisasi secara efisien”. Sears (1950) sebagaimana dikutip oleh Daryanto (1998:8) mengemukakan “Education administration is the process as including the following activities planning, organizing, directing, coordinating, and control. 
Daryanto (1998:8) mengemukakan administrasi pendidikan adalah “suatu cara bekerja dengan orang-orang, dalam rangka usaha mencapai tujuan pendidikan yang efektif”. Nawawi (Daryanto, 1998:10) mengemukakan “administrasi pendidikan adalah rangkaian kegiatanatau keseluruhan, proses pengendalian usaha kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan formal”.
DasuqidanSomantri (1992:10) mengemukakan administrasi pendidikan adalah upaya menerapkan kaidah-kaidah administrasi dalam bidang pendidikan.Senada dengan pendapat ini Soepardi (1988:24) mengemukakan bahwa administrasi pendidikan adalah administrasi yang diterapkandalambidang pendidikan.Selanjutnya Soepardi (1988:25) menjelaskan administrasi pendidikan adalah semua aspek kegiatan untuk mendayagunakan berbagai sumber  (manusia, saranadanprasarana, serta media pendidikan lainnya) secara optimal, relevan, efektif, dan efisien guna menunjang pencapaian tujuan pendidikan. Sagala (2005:27) mengemukakan bahwa administrasi pendidikan adalah penerapan ilmu administrasi dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan administrasi dalam pembinaan, pengembangan, dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan.

C. PENGERTIAN MANAJEMEN
1.Pengertian manajemen
            Manajemen adalah suatu proses dalam rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber daya organisasi lain nya. 
2. Proses Manajemen
            A. Perencanaan
            Proses atau upaya yang dilakukan untuk mengantisipasi kecenderungan masa yang akan datang dan penentuan strategi yang tepat untuk mewujudkan tujuan organisasi.
            B. Pengorganisasian
            proses yang menyangkut bagaimana strategi yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesan dalam sebuah structur organisasi yang tepat, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan dapat memastikan semua pihak dalam organisasi bekerja secara efektif guna mencapai tujuan organisasi
            C. Pengarahan
            Proses inplementasi program agar dapat dijalankan oleh seuruh pihak dalam organisasi serta proses untuk memotivasi agar semua pihak menjalankan tanggung jawabnya  dengan produktifitas yang tinggi
            D. Pengendalian
            Proses yang dilakukan untuk memastikan semua rangkaian kegiatan yang direncanakan dan diimplementasikan dapat berjalan sesuai target yang diharapkan
D. PENGERTIAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
A.    Pengertian Pengelolaan Pembelajaran
Pengelolaan itu berakar dari kata “kelola” dan istilah lainnya yaitu “manajemen” yang artinya ketatalaksanaan, tata pimpinan. Maka disimpulkan pengelolaan itu adalah pengadministrasian, pengaturan atau penataan suatu kegiatan. Atau Proses yang memberikan pengawasan pada semua hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan.
Pembelajaran berasal dari kata “belajar” yang artinya ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari suatu informasi atau lebih. Jadi pembelajaran ialah proses kegiatan mencari informasi (dalam mencari ilmu).
Dari pengertian diatas dapatlah disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran itu adalah merupakan suatu penataan atau pengaturan kegiatan dalam proses menuntut ilmu. Atau suatu usaha yang dengan sengaja dilakukan guna mencapai tujuan pengajaran atau upaya mendayagunakan potensi kelas.
Adapun tujuan dari pengelolaan pembelajaran ini adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secaara efektif dan efesien.
B.     Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
Di dalam melakukan pengelolaan kelas sebelumnya kita haruslah melakukan pendekatan, adapun pendekatan tersebut yaitu:
1.      Pendekatan Kekuasaan
Pendekatan ini dengn cara mengotrol tingkah laku anak dengan menciptakan situasi kedisplinan dalam kelas.
2.      Pendekatan Ancaman
Pendekatn dengan ancaman atau intimidasi ini digunakan untuk mengontrol tingkah laku anka didik. Misal mengancam melarang mengejek, menyindir dan lainnya.
3.      Pendekatan Kebebasan
 Disini guru bertugas untuk mengusahakan semaksimal mungkin kebebasan anak didik.
4.      Pendektana Resep
Pendekata ini dilakukan dengan memberi suau daftar yang dapat menggambarkan apa yang harus dan apa yang tidak dilakukan oleh gurudalam mereaksi semua masalah atau situasi dalam kelas. Guru hanya menuruti apa  yang tertulis dalam reep tersebut.
5.      Pendekatan Pengajaran
Pendekatan ini menganjurkan tingkah laku guru dalam mengajar untuk mencegah dan menghentikan tngkah laku anak didik yang kurang baik.
6.      Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial
Pendekatan ini bersifat menciptakan iklim atau suasana emosional dan hubungan social yang positif dalam kelas. Jadi suasan emosinal dan hubungan social yang positif itu artinya antra guru dan anak didik serta antara anak didik dengan anak didik mempunyai hubungan yang baik.
7.      Pendekatan Proses Kelompok
Pendektan ini merupakan usaha guru mengelompokkan anak didik adalam beberapa kelompok dengan berbagai pertimbangan individual sehingga tercipta kelas yang bergairah dalam belajar.
8.      Pendekatan Electis atau Pluralistik
Pendekatan yang menekankan pada potensialitas, kreatifitas dan inisiatif guru dalam memilih berbagai pendekatan berdasarkan sikon yang dihadapinya. Pendekatan ini yaitu pengelolaan kelas yang berusaha menggunakan berbagai macam pendekatan yang memiliki potensi untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu kondisi yang memungkin proses belajar mengajar berjalan efektif dan efesien.
BAB III
          PENUTUP

A.Kesimpulan
            Pengertian administrasi secara menyeluruh bisa diartikan administrasi adalah pelayana terhadap subjek tertentu,Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan ketatausaan, berupa penyusunan dan pencatatan keterangan yang diperoleh secara sistematis,administrasi dalam arti luas adalah proses untuk mencapai target secara efektif dan efisiendalam suatu pola kerja sama.
            Administrasi pendidikan adalah proses pengintegrasian seluruh potensi dalam suatu aktifitas kelembagaan,baik personal,spiritual dan materil, yang mempunyai pencapaian tujuan pendidikan.
            Manajemen adalah kebutuhan untuk memudahkan tujuan manusia untuk memudahkan organisasi, serta mengeoola sumber daya organsasi, seperti sarana dan prasarana,SDM, metode dan lain nya secara efektif, inovatif, dan efisien.













Daftar Pustaka


-https://www.google.com/search?q=pengertian+pengelolaan+pembelajaran&ie=utf-8&oe=utf-8

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RUANG LINGKUP AKHLAK, ETIKA, MORAL DAN KESUSILAAN

Dampak Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ) Bagi Siswa

7 hal yang harus dilakukan oleh mahasiswa baru