Administrasi. Administrasi Pendidikan Manajemen dan Pengelolaan Pembelajaran
TUGAS MAKALAH
Kata
Pengantar
Alhamdulillahirabbilalamin, Segala puji hanya bagi
Allah SWT ,atas rahmat taufik, serta hidayah-Nya yang tiada terkira besarnya,
dan sholawat serta salam kami curahkan terhadap junjungan Nabi besar Muhammad
SAW, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah dengan judul“Administrasi,Administrasi
Pendidikan”yang di
ajukan salah satu tugas mata kuliah Pengelolaan Penmbelajaran pada semester II
ini, yang diampu oleh,Drs. H.U.Sjamsunin,M.pd Kepadanya
kami ucapkanterima kasih yang sebesar-besarnya, telah memberikan dukungandan
kepercayaan yang begitu besar. Dari sinilah semua kesuksesan ini,Dalam
penyusunan kamimemperoleh banyak bantuan dari sumber tertulis, karena itu,
semoga semua ini bisa memberikan sedikit pengetahuan dan menuntun pada langkah
yang lebih baik lagi. Meskipun kami berharap isi dari makalah ini bebas dari
kekurangan dan kesalahan, namun selalu ada yang kurang. Oleh karena itu kami
mengharapkan kritik dan saran yang membangun agar makalah ini dapat lebih baik
lagi. Akhir kata kamiberharap agar makalah ini bermanfaat bagi semua mahasiswa/i.
Cirebon,14 februari 2015
Penyusun,
DAFTAR ISI
Kata Pengantar............................................................................................................................
Daftar Isi.....................................................................................................................................
BAB I Pendahuluan
a.Latar Belakang.............................................................................................................
b.Rumusan
Masalah.......................................................................................................
c.Tujuan
Pembuatan.......................................................................................................
BAB II Pembahasan
a.Pengertian
Administrasi.............................................................................................
b.Pengertian
Administrasi Pendidikan..........................................................................
c.Pengertian
Manajemen...............................................................................................
d.Pengertian
Pengelolaan Pembelajaran.......................................................................
BAB III Penutup
Kesimpulan................................................................................................................
Daftar Pusaka.............................................................................................................
BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
B.Rumusan Masalah
>Apa
pengertian dari Administrasi?
>Apa
pengertian dari Administrasi Pendidikan?
>Apa
pengertian dari Manajemen?
>Apa
pengertian dari Pengelolaan Pembelajaran?
C.Tujuan Pembuatan
>Untuk
mengetahui Pengertian dari Administrasi.
>Untuk
Mengetahui Pengertian dari Administrasi Pendidikan.
>Untuk
Mengetahui Pengertian dari Manajemen.
>Untuk
Mengetahui Pengertian dari Pengelolaan Pembelajaran.
BAB II
PEMBAHASAN
A.PENGERTIAN ADMINISTRASI
Pengertian
Administrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia ialah :
Ø
Administrasi adalah usaha dan kegiatan yang berkenaan dengan penyelenggaraan
kebijaksanaan untuk mencapai tujuan.
Ø
Administrasi dalam arti sempit
adalah kegiatan yang meliputi: catat-mencatat, surat-menyurat, pembukuan
ringan, ketik-mengetik, agenda, dan sebagainya yang bersifat teknis
ketatausahaan.
Ø
Administrasi dalam arti luas
adalah seluruh proses kerja sama antara dua orang atau lebih dalam mencapai
tujuan dengan memanfaatkan sarana prasarana tertentu secara berdaya guna dan
berhasil guna.
Secara Umum
Administrasi adalah:
Administrasi pada intinya melingkupi
seluruh kegiatan dari pengaturan hingga pengurusan sekelompok orang yang
memiliki diferensiasi pekerjaan untuk mencapai suatu tujuan bersama.
Administrasi dapat berjalan dengan sua atau banyak orang terlibat di dalamnya.
B.PENGERTIAN
ADMINISTRASI PENDIDIKAN
Administrasi
merupakan suatu kegiatan yang melibatkan sumber daya manusia.Jika dikaitkan dengan pendidikan,maka administrasi
pendidikan merupakan ”kegiatan yang ditujukan untuk mengoptimalkan (efektifdanefisien)
pencapaian tujuan pendidikan melalui penataan berbagai sumber daya manusia,
kurikulum dan fasilitas” (Engkoswara, dalam Burhanuddin, 1998:12).
Adapun
adminstrasi menurut pendapat para ahli adalah sabagai berikut :
Sutisna (1989:19) mengemukakan administrasi pendidikan
adalah “keseluruhan proses dengan mana sumber-sumber manusia dan materi
yang cocok dibuat tersedia dan efektif bagi pencapaian maksud-maksud organisasi
secara efisien”. Sears (1950) sebagaimana dikutip oleh Daryanto (1998:8)
mengemukakan “Education administration is the process as including the
following activities planning, organizing, directing, coordinating, and
control.
Daryanto (1998:8) mengemukakan administrasi pendidikan
adalah “suatu cara bekerja dengan orang-orang, dalam rangka usaha mencapai tujuan
pendidikan yang efektif”. Nawawi (Daryanto, 1998:10) mengemukakan “administrasi
pendidikan adalah rangkaian kegiatanatau keseluruhan, proses pengendalian usaha
kerjasama sejumlah orang untuk mencapai tujuan pendidikan secara berencana dan sistematis
yang diselenggarakan dalam lingkungan tertentu, terutama berupa lembaga pendidikan
formal”.
DasuqidanSomantri
(1992:10) mengemukakan administrasi pendidikan adalah upaya menerapkan kaidah-kaidah administrasi
dalam bidang pendidikan.Senada dengan pendapat ini Soepardi (1988:24)
mengemukakan bahwa administrasi pendidikan adalah administrasi yang
diterapkandalambidang pendidikan.Selanjutnya Soepardi (1988:25) menjelaskan administrasi pendidikan adalah semua aspek kegiatan untuk mendayagunakan berbagai sumber (manusia, saranadanprasarana, serta media
pendidikan lainnya)
secara optimal, relevan, efektif, dan efisien guna menunjang pencapaian tujuan pendidikan.
Sagala (2005:27) mengemukakan bahwa administrasi pendidikan adalah penerapan
ilmu administrasi dalam dunia pendidikan atau sebagai penerapan administrasi dalam
pembinaan, pengembangan, dan pengendalian usaha dan praktek-praktek pendidikan.
C. PENGERTIAN MANAJEMEN
1.Pengertian manajemen
Manajemen adalah suatu proses dalam
rangka mencapai tujuan dengan bekerja bersama melalui orang-orang dan sumber
daya organisasi lain nya.
2.
Proses Manajemen
A. Perencanaan
Proses atau upaya yang dilakukan
untuk mengantisipasi kecenderungan masa yang akan datang dan penentuan strategi
yang tepat untuk mewujudkan tujuan organisasi.
B. Pengorganisasian
proses yang menyangkut bagaimana
strategi yang telah dirumuskan dalam perencanaan didesan dalam sebuah structur
organisasi yang tepat, sistem dan lingkungan organisasi yang kondusif, dan
dapat memastikan semua pihak dalam organisasi bekerja secara efektif guna
mencapai tujuan organisasi
C. Pengarahan
Proses inplementasi program agar
dapat dijalankan oleh seuruh pihak dalam organisasi serta proses untuk
memotivasi agar semua pihak menjalankan tanggung jawabnya dengan produktifitas yang tinggi
D. Pengendalian
Proses yang dilakukan untuk
memastikan semua rangkaian kegiatan yang direncanakan dan diimplementasikan
dapat berjalan sesuai target yang diharapkan
D.
PENGERTIAN PENGELOLAAN PEMBELAJARAN
A.
Pengertian Pengelolaan Pembelajaran
Pengelolaan itu berakar dari kata
“kelola” dan istilah lainnya yaitu “manajemen” yang artinya ketatalaksanaan,
tata pimpinan. Maka disimpulkan pengelolaan itu adalah pengadministrasian, pengaturan
atau penataan suatu kegiatan. Atau Proses yang memberikan pengawasan pada semua
hal yang terlibat dalam pelaksanaan kebijaksanaan dan pencapaian tujuan.
Pembelajaran berasal dari kata
“belajar” yang artinya ialah suatu kegiatan yang dilakukan untuk mencari suatu
informasi atau lebih. Jadi pembelajaran ialah proses kegiatan mencari informasi
(dalam mencari ilmu).
Dari pengertian diatas dapatlah
disimpulkan bahwa pengelolaan pembelajaran itu adalah merupakan suatu penataan
atau pengaturan kegiatan dalam proses menuntut ilmu. Atau suatu usaha yang
dengan sengaja dilakukan guna mencapai tujuan pengajaran atau upaya
mendayagunakan potensi kelas.
Adapun tujuan dari pengelolaan
pembelajaran ini adalah agar setiap anak di kelas dapat bekerja dengan tertib
sehingga segera tercapai tujuan pengajaran secaara efektif dan efesien.
B.
Pendekatan dalam Pengelolaan Kelas
Di dalam melakukan pengelolaan kelas
sebelumnya kita haruslah melakukan pendekatan, adapun pendekatan tersebut
yaitu:
1.
Pendekatan Kekuasaan
Pendekatan ini dengn cara mengotrol
tingkah laku anak dengan menciptakan situasi kedisplinan dalam kelas.
2.
Pendekatan Ancaman
Pendekatn dengan ancaman atau
intimidasi ini digunakan untuk mengontrol tingkah laku anka didik. Misal
mengancam melarang mengejek, menyindir dan lainnya.
3.
Pendekatan Kebebasan
Disini guru bertugas untuk mengusahakan
semaksimal mungkin kebebasan anak didik.
4. Pendektana
Resep
Pendekata ini dilakukan dengan
memberi suau daftar yang dapat menggambarkan apa yang harus dan apa yang tidak
dilakukan oleh gurudalam mereaksi semua masalah atau situasi dalam kelas. Guru
hanya menuruti apa yang tertulis dalam
reep tersebut.
5.
Pendekatan Pengajaran
Pendekatan ini menganjurkan tingkah
laku guru dalam mengajar untuk mencegah dan menghentikan tngkah laku anak didik
yang kurang baik.
6.
Pendekatan Suasana Emosi dan Hubungan Sosial
Pendekatan ini bersifat menciptakan
iklim atau suasana emosional dan hubungan social yang positif dalam kelas. Jadi
suasan emosinal dan hubungan social yang positif itu artinya antra guru dan
anak didik serta antara anak didik dengan anak didik mempunyai hubungan yang
baik.
7.
Pendekatan Proses Kelompok
Pendektan ini merupakan usaha guru
mengelompokkan anak didik adalam beberapa kelompok dengan berbagai pertimbangan
individual sehingga tercipta kelas yang bergairah dalam belajar.
8.
Pendekatan Electis atau Pluralistik
Pendekatan yang menekankan pada
potensialitas, kreatifitas dan inisiatif guru dalam memilih berbagai pendekatan
berdasarkan sikon yang dihadapinya. Pendekatan ini yaitu pengelolaan kelas yang
berusaha menggunakan berbagai macam pendekatan yang memiliki potensi untuk
dapat menciptakan dan mempertahankan suatu kondisi yang memungkin proses
belajar mengajar berjalan efektif dan efesien.
BAB III
PENUTUP
A.Kesimpulan
Pengertian administrasi secara
menyeluruh bisa diartikan administrasi adalah pelayana terhadap subjek
tertentu,Administrasi dalam arti sempit adalah kegiatan ketatausaan, berupa
penyusunan dan pencatatan keterangan yang diperoleh secara
sistematis,administrasi dalam arti luas adalah proses untuk mencapai target
secara efektif dan efisiendalam suatu pola kerja sama.
Administrasi pendidikan adalah
proses pengintegrasian seluruh potensi dalam suatu aktifitas kelembagaan,baik
personal,spiritual dan materil, yang mempunyai pencapaian tujuan pendidikan.
Manajemen adalah kebutuhan untuk
memudahkan tujuan manusia untuk memudahkan organisasi, serta mengeoola sumber
daya organsasi, seperti sarana dan prasarana,SDM, metode dan lain nya secara
efektif, inovatif, dan efisien.
Daftar Pustaka
-https://www.google.com/search?q=pengertian+pengelolaan+pembelajaran&ie=utf-8&oe=utf-8

Komentar
Posting Komentar